Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII SMP NEGERI 5 KAYAN HULU

Hendrik Feniber (Unknown)
Utin Desy Susiaty (Unknown)
Hartono (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi berbasis powtoon terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi SPLDV kelas VIII SMP Negeri 5 Kayan Hulu. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) model 4-D yang terdiri dari tahapan define, design, development, dan dissemination. Namun, penelitian ini hanya menerapkan tahapan define, design, dan development tanpa melanjutkan ke tahap dissemination. Subjek pengembangan produk pada penelitian ini adalah validator ahli media yaitu satu orang dosen pendidikan teknologi dan informasi, satu orang dosen pendidikan matematika dan satu orang guru mata pelajaran matematika, ahli materi yaitu dua orang dosen pendidikan matematikan dan satu orang guru mata pelajaran matematika, serta subjek uji coba produk adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Kayan Hulu dengan 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dengan instrumen penelitian berupa lembar validasi dan angket respon, serta teknik pengukuran berupa tes uraian. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka kesimpulan dalam penelitian ini adalah video pembelajaaran yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan hasil validasi ahli media dan ahli materi diperoleh kevalidan dengan persentase sebesar 87,89% dengan kriteria sangat valid; kepraktisan diperoleh dari angket repson guru dan respon siswa dengan persentase sebesar 92,89% dengan kriteria sangat praktis; dan keefektifan diukur dari hasil tes siswa memperoleh persentase 68% efektif

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...