Indonesia Emas 2045 merupakan suatu visi misi dan cita-cita besar bangsa ini kearah kemakmuran bangsa. Secara demografi Generasi Z dan Milenial yang akan bergerak menguasi masa itu kedepannya. Semakin berkembangnya isu keberlanjutan, peran generasi muda dalam mendorong penerapan ekonomi hijau menjadi semakin signifikan. Media massa, sebagai alat komunikasi yang kuat, memiliki pengaruh besar dalam menyebarkan informasi dan membentuk persepsi publik. Penelitian ini akan mencari tau bagaimana bentuk eksistensi media massa dalam mendorong pertumbuhan ekonomi hijau. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi Penelitian Media Massa Kota Mataram dengan fokusnya di Suara NTB, Lombok Post dan Radar Lombok selain itu juga terdapat di 6 (enam) UMKM di 6 (enam) Kecamatan Kota Mataram. Teknik pemilihan informan dengan purposive sampling. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan Teori Pengolahan Berita (News Factory Model) dan Teori Penerimaan Aktif (Audience Reception). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media massa berhasil dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya ekonomi hijau, hal ini didukung dengan berbagai berita ekonomi hijau yang berhasil didukung oleh media massa. Media massa juga mampu mempengaruhi masyarakat dengan berbagai kebijakan publik yang dibuat oleh pemerintah namun perlu adanya kehati-hatian karena dalam pemberitaan terkait topik ini selalu ada tantangan yang diperoleh oleh media massa. Selain itu terdapat kolaborasi media massa dengan pemerintah dan organisasi non-pemerintah dalam memajukan perkembangan pertumbuhan ekonomi hijau.
Copyrights © 2025