Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Vol. 8 No. 3 (2025): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN USAHA SVARGA COFFEE

Azmarani Amelia Kinanthi (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Siti Fatimah Nurhayati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
21 May 2025

Abstract

Indonesia merupakan produsen kopi terbesar keempat di dunia setelah Brazil, Vietnam dan Kolombia. Berkat kualitas dan cita rasa yang unggul, kopi jenis robusta dan arabika merupakan jenis kopi yang menjadi komoditas ekspor utama indonesia dengan nilai tertinggi serta menjadi kopi utama yang dibudidayakan di Indonesia. Produk kopi terus berkembang demikian juga pada minuman kopi, banyak inovasi minuman kopi. Svarga Coffee merupakan usaha kopi baru di Solo yang menyediakan inovasi kopi jamu. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun strategi pemasaran yang tepat melalui identifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam analisis SWOT guna meningkatkan penjualan Svarga Coffee. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui observasi dan menggunakan metode analisis SWOT. Hasil analisis SWOT menunjukan kekuatan produk ada pada keunikan menu dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Di sisi lain, ketahanan produk dan distribusi yang masih terbatas menjadi kelemahan dari produk kopi. Dengan meningkatnya tren kesehatan di masyarakat dan sedikitnya coffeeshop yang menyediakan menu kopi jamu menjadi peluang produk Svarga Coffee, namun ketergantungan pada bahan baku lokal merupakan ancaman utama. Hasilnya ditemukan beberapa upaya strategi pemasaran yaitu melakukan inovasi produk mengikuti selera konsumen dan meningkatkan pelayanan yang lebih baik pada usaha Svarga Coffee.

Copyrights © 2025