Kemajuan teknologi digital telah mengubah perilaku konsumen, khususnya dalam industri kosmetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan membandingkan pengaruh iklan melalui media tradisional (televisi, radio, cetak) dan media online (media sosial, iklan digital) terhadap niat beli, dengan ekuitas merek sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menganalisis hubungan antara media iklan, empat dimensi ekuitas merek (kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, loyalitas merek), dan niat beli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan media tradisional secara signifikan memengaruhi kesadaran merek, namun tidak berpengaruh signifikan terhadap persepsi kualitas, asosiasi, maupun loyalitas. Sebaliknya, iklan media online berpengaruh signifikan terhadap kesadaran merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek. Di antara dimensi ekuitas merek, loyalitas memiliki pengaruh paling kuat terhadap niat beli. Temuan ini menekankan pentingnya strategi komunikasi yang mengintegrasikan kekuatan jangkauan media tradisional dengan daya tarik interaktif dari media digital guna memperkuat ekuitas merek dan mendorong niat beli konsumen.
Copyrights © 2025