Proceedings Conference on Marine Engineering and its Application
Vol 3 No 1 (2020): Conference on Marine Engineering and its Application

STUDI EKSPERIMEN MODIFIKASI RASIO KOMPRESI PADA 4-STROKE CARBURATOR SI ENGINE DENGAN DUAL-FUEL SYSTEM BENSIN-UAP ETANOL.

Zainul Mujib (Unknown)
George Endri Kusuma (Unknown)
Mardi Santoso (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2023

Abstract

Bahan bakar yang semakin berkurang maka dalam penelitian ini membahas tentang dual fuel system dimanaalternatif bahan bakar yang akan digunakan adalah etanol E98, dikarenakan nilai oktan etanol sangat tinggi makaperlu modifikasi pada rasio kompresi karena nilai oktan yang tinggi memerlukan rasio kompresi yang tinggi juga, agartidak terjadi adanya knocking, jadi pada pengujian kali ini akan dilakukan penambahan rasio kompresi dari kompresistandart mesin 9:1, CR 10,5:1 dan CR 11,5 sedangkan penambahan uap etanol pada penelitian ini di modifikasikandengan bukaan katup yaitu bukaan 0°, 30°, 60° dan 90°. Menaikkan kompresi rasio terdapat beberapa cara dimanasalah satunya dengan metode dom piston seperti yang akan dilakukan pada penelitian ini. Penelitian dual fuel yangmenggunakan etanol sebagai bahan bakar alternatifnya banyak dilakukan akan tetapi terjadi penurunan daya padamesinnya, maka pada penelitian ini diharapkan akan mendapatkan hasil nilai daya yang lebih bagus atau optimaldalam pembakaran. Dari penelitian yang telah dilakukan dengan penambahan rasio kompresi dan masuknya uapetanol yang sudah di atur dengan bukaan valve, maka didapatkan daya maksimum rasio kompresi standartdidapatkan 9,3 HP pada RPM 8000 bukaan katup 90° dan didapatkan torsi maksimum 9,7 N.m pada bukaan katup90° di RPM 6000, sedangkan pada CR 10,5:1 didapatkan daya maksimum 9,5 HP pada bukaan katup 90° di RPM 8000dengan torsi maksimum sebesar 9,41 N.m pada RPM 5500 bukaan katup 0°, pada variasi rasio kompresi terbesaryaitu 11,5:1 didapatkan daya maksimum sebesar 9,7 HP di RPM 8500 dengan bukaan katup 90° dan didapatkan torsimaksimum 9,79 N.m dengan bukaan katup 60° pada RPM 6000, jadi dapat disimpulkan variasi terbaik rasio kompresipada pengujian ini terdapat pada CR 11,5:1 dan bukaan katup 60° karena didapatkan daya maksimum terbesar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

cmea

Publisher

Subject

Engineering Mechanical Engineering

Description

The Proceedings of Marine Engineering and Its Application (CMEA) is an open-access publication, allowing global access for readers to publish, read, download, cite, and share the content freely. CMEA focuses on the dissemination of original ideas, innovative research, and practical developments ...