Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila yang diberikan disekolah dengan Implementasi Sekolah Adiwiyata Di SMP Negeri 13 Jakarta, juga apakah terdapat hubungan antara Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) yang diterapkan peserta didik dengan Implementasi Sekolah Adiwiyata Di SMP Negeri 13 Jakarta, dan hubungan keduanya secara bersama-sama. Bentuk penelitian ini adalah kuantitatif, Jenis penelitiannya “Ex Post Facto”, artinya data dikumpulkan setelah semua peristiwa yang diperhatikan terjadi. Adapun pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling. Dimana dipilih 100 anak dari peserta didik kelas 7, 8, dan 9, bebas boleh siapa saja. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui teknik Pengumpulan Data Primer. Dalam pengumpulan data primer dilakukan melalui penyebaran kuesioner atau angket. Penelitian ini menggunakan 3 (tiga) variabel maka jumlah instrumen yang digunakan untuk penelitian juga ada 3 (tiga). Sementara analisis data yang digunakan adalah Pengujian instrument meliputi uji validitas dan reabilitas, dan uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas data, uji homogenitas data. Yang terakhir adalah uji hipotesis penelitian meliputi analisis regresi, analisis korelasi, dan aanalisis kofisien determinasi. Kesimpulan dari penelitian ini menjawab rumusan masalah dan membuktikan Hipotesis 1,2, dan 3 dapat diterima. Koefisien Korelasi yang diperoleh dari rumus Pearson Correlation adalah X1 sebesar 0,420, X2 sebesar 0,428 dan gabungan X1 dan X2 sebesar 0,485, yang berarti hubungan tersebut berada dalam tahap sedang. Terbukti pula adanya hubungan yang positif, berarti dan signifikan dari ketiga variabel. Pengaruh korelasi atau hubungan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila terhadap Implementasi Sekolah Adiwiyata berdasarkan Uji Detreminasi (Uji t), adalah sebesar 17,6 %, Pengaruh korelasi atau hubungan Pembiasaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS terhadap Implementasi Sekolah Adiwiyata adalah sebesar 18,3 %, sementara pengaruhnya secara Bersama-sama secara terhadap Implementasi Sekolah Adiwiyata adalah sebesar 23,6 %.
Copyrights © 2025