Pendidikan Al-Qur’an memiliki peran penting dalam membentuk karakter religius dan memperkuat identitas spiritual peserta didik, khususnya di lembaga pendidikan Islam seperti Madrasah Ibtidaiyah (MI). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode talaqqi dalam pembelajaran Al-Qur’an serta menganalisis efektivitasnya dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an siswa MI GUPPI Bogoharjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode talaqqi dilaksanakan melalui tiga tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan, serta evaluasi. Metode talaqqi terbukti meningkatkan kemampuan siswa dalam aspek tajwid, makhraj, dan kelancaran membaca. Faktor pendukung keberhasilan metode ini antara lain kompetensi guru, motivasi internal dan eksternal siswa, serta lingkungan belajar yang kondusif. Adapun faktor penghambatnya meliputi padatnya aktivitas siswa dan kurangnya dukungan orang tua di rumah. Secara keseluruhan, implementasi metode talaqqi di MI GUPPI Bogoharjo efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an
Copyrights © 2025