Majalah Ekonomi
Vol 29 No 02 (2024): Desember 2024

ANALISIS STUDI KELAYAKAN BISNIS PADA ASPEK PRODUKSI DAN PEMASARAN DALAM MENGEMBANGKAN UMKM USAHA TAHU BOHAR DI PASAR WAGE SIDOARJO

Reza Yulia Ananda (Unknown)
Nabila Sari (Unknown)
Natasya Elok Saputri (Unknown)
Almas Fajjriyah Ngadiono (Unknown)
Muhammad Zaqhlul Zaidan (Unknown)
Aan Ferdiansyah (Unknown)
Soffia Pudji Estiasih (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini menganalisis kelayakan bisnis dari aspek produksi dan pemasaran pada UMKM Pabrik Tahu Bohar di Pasar Wage, Sidoarjo. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kajian literatur, penelitian ini mengevaluasi lokasi usaha, teknologi produksi, proses produksi, serta strategi pemasaran. Temuan utama menunjukkan bahwa aspek produksi layak dengan lokasi strategis, penggunaan teknologi yang efisien, dan proses produksi terstruktur. Namun, aspek pemasaran masih sederhana dengan strategi promosi word-of-mouth, penggunaan sosial media Whatsapp dan distribusi terbatas di pasar lokal. Meskipun demikian, produk berkualitas dan harga kompetitif menawarkan potensi keberlanjutan usaha. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis untuk pengembangan UMKM Pabrik Tahu Bohar, meliputi diversifikasi saluran distribusi melalui platform digital, penguatan promosi di media sosial, peningkatan kualitas sumber daya manusia, dan inovasi layanan seperti pembayaran digital dan pengiriman. Strategi ini bertujuan memperluas pasar, meningkatkan efisiensi, serta mendorong pertumbuhan dan daya saing yang berkelanjutan. Hasil penelitian menekankan pentingnya inovasi pemasaran dalam meningkatkan penjualan guna mendukung pertumbuhan usaha di masa mendatang.

Copyrights © 2024