Pengangguran dan keterbatasan akses pendidikan tinggi menjadi tantangan serius dalam pembangunan ekonomi di Indonesia. Salah satu strategi alternatif untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menumbuhkan minat berwirausaha sejak tingkat sekolah menengah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi keluarga dan pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa SMA Negeri 1 Gangga. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode sensus terhadap 55 siswa kelas XII jurusan bisnis. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi keluarga dan pembelajaran kewirausahaan secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa. Temuan ini menegaskan pentingnya peran sinergis antara dukungan keluarga dan pendidikan kewirausahaan dalam membentuk calon wirausahawan muda. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan keterlibatan orang tua dan penyempurnaan materi kewirausahaan berbasis praktik di sekolah menengah.
Copyrights © 2025