Dalam pembuatan media informasi maupun edukasi berbasis audio visual, selain alur cerita, teknik editing menjadi bagian penting untuk dapat menyajikan video yang menarik. Informasi penting, terlebih yang juga bersifat darurat harus disampaikan secara jelas. Video iklan layanan masyarakat merupakan sebuah informasi maupun edukasi yang dikemas secara singkat, jelas, padat berupa audio dan visual yang melibatkan penglihatan maupun pendengaran secara bersamaan, sehingga terfokus dan dapat diterima dengan oleh otak. Pada penelitian ini, teknik editing frame freeze diterapkan untuk menarik perhatian audien, didukung dengan voice over untuk mempertegas pesan. Video iklan layanan masyarakat tentang ajakan mengurangi sampah plastik ini akan disebarluaskan melalui kanal internet berbagai sosial media berbasis audio visual. Dengan mengunakan pendekatan deskriftif kualitatif dan metode penelitian RD, pada penelitian ini berfokus pada proses pembuatan mulai dari pra-produksi, produksi, hingga post-produksi. Adapun uji kelayakan video dari aspek konsep, ketepatan pemilihan genre, kualitas audio dan video, narasi dan grafis pendukung yang dikemas menjadi animasi 2 dimensi motion graphic oleh para ahli media. Dan sebelum dilakukan penyebaran secara luas video iklan layanan masyarakat akan diuji sajikan kepada siswa pelajar tingkat SMA yang mengikuti ekstrakulikuler boardcasting dan mahasiswa yang sedang menempuh matakuliah multimedia.
Copyrights © 2025