Journal of Economic and Islamic Research
Vol. 3 No. 2 (2025): Juli

Implementasi Strategi Marketing Wakaf Uang di LAZISMU Pamekasan

Ashari, Azis (Unknown)
Ramin, Moh (Unknown)
Hasanah, Haifatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2025

Abstract

Wakaf uang/wakaf tunai adalah salah satu bentuk pengumpulan dana yang dipraktekkan oleh lembaga filantropi untuk kegiatan sosial keagamaan. Wakaf uang menjadi salah satu alternatif mengumpulkan dana secara kolektif. Wakaf uang dialokasikan untuk program yang memiliki nilai jangka panjang seperti pembangunan fasilitas umum, sarana ibadah dan pendidikan dan pengadaan sarana sosial berupa ambulance dan mobil sosial. Lazismu Pamekasan adalah lembaga filantropi yang melakukan penghimpunan wakaf tunai. Ekspansi pemasaran wakaf tunai dilakukan dengan menggunakan strategi marketing guna menyasar masyarakat luas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini memberikan gambaran bagaimana pelaksanaan strategi marketing yang dilakukan oleh Lazismu Pamekasan untuk mengenalkan produk wakaf tunai, serta bagaimana bentuk kegiatan marketing wakaf tunai.Peneliti mengumpulkan data lapangan berupa wawancara dan observasi serta data lainnya untuk mendapatkan gambaran yang utuh bagaimana implementasi stretegi marketing wakaf uang di LAZISMU PamekasanImplementasi strategi marketing Lazismu Pamekasan menggunakan personal selling, public relation dan popular media. Ketiga strategi ini memiliki relevansi yang kuat dengan Lazismu sebagai lembaga filantropi yang bergerak dalam bidang sosial keagamaan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jeir

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Economic and Islamic Research: merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Prodi Ekonomi Syariah STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan bekerjasama dengan Konsorsium Ekonomi Islam. Jurnal ini dirancang untuk memberikan wadah bagi para peneliti/akademisi dan juga praktisi yang tertarik pada ...