Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media Canva terhadap peningkatan keterampilan desain grafis siswa kelas VII di SMPN 10 Barru. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen pretest-posttest, melibatkan 26 siswa sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest, lalu dianalisis menggunakan uji t-test dengan SPSS 29. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada nilai rata-rata keterampilan desain grafis siswa, yaitu dari 61,27 menjadi 86,69 setelah penerapan media Canva, dengan nilai Sig. <0,001. Canva memberikan kemudahan bagi siswa untuk mengeksplorasi desain melalui berbagai fitur intuitif, sedangkan teknik pengulangan memperkuat pemahaman dan penerapan konsep desain. Kombinasi ini menciptakan lingkungan pembelajaran yang interaktif, kreatif, dan efektif. Hasil ini mendukung pentingnya penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dalam meningkatkan keterampilan desain grafis siswa.
Copyrights © 2025