Literasi merupakan kemampuan dasar memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari sebagai pondasi untuk kecakapan atau keterampilan. Numerasi adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan angka, simbol dan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Literasi dan numerasi sangat penting untuk ditingkatkan di bidang pendidikan sekolah dasar karena keduanya merupakan pondasi utama dalam proses pembelajaran dan kehidupan sehari-hari. Kemampuan literasi dan numerasi siswa SD Negeri 01 Paseban, khususnya ditingkat kelas 3 sampai 6 ada beberapa siswa masih kesulitan dalam membaca, menulis dan menghitung. Oleh karena itu, di perlukan model belajar yang bisa mengurangi kendala tersebut. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan literasi dan numerasi siswa di Sd Negeri 01 Paseban. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu dengan mengintegrasikan media pembelajaran kartu huruf dan kartu angka dalam proses pembelajaran siswa. Subjek dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah siswa kelas 3, 4, 5 dan 6 di SD Negeri 01 Paseban. Dimana siswanya terdiri dari 10 Orang ( 5 Orang dari kelas 3, 2 orang dari kelas 4, 2 Orang dari kelas 5 dan 1 Orang dari kelas 6). Berdasarkan dari kegiatan yang telah dilakukan pengintegrasian media pembelajaran tersebut dinilai efektif dalam meningkatkan literasi dan numerasi siswa SD Negeri 01 Paseban. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa adanya peningkatan pengetahuan siswa, yang awalnya mereka tdk terlalu mengenal huruf dan angka, kini mulai mengenal dan bisa membedakan angka dan huruf huruf tersebut. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi oleh guru-guru menggunakan pembelajaran yang interaktif dan membuat siswa menjadi semangat untuk belajar.
Copyrights © 2025