JER
Vol. 8 No. 2 (2025): September - February

Pengaruh Pengetahuan dan Keunggulan Produk Terhadap Minat Menggunakan Tabungan Wadiah di Bank Syariah Indonesia: (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEBI UINSU Angkatan 2021)

Tambak, Eli Ermawati (Unknown)
Nurlaila, Nurlaila (Unknown)
Nasution, Juliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2025

Abstract

    ISSN: 2620-6196 Vol. 5 Issues 2 (2022) Article history: Received - Revised - Accepted - Email Correspondence: ermawatitambak@gmail.com Kata Kunci: Pengetahuan; Keunggulan Produk; Minat; Tabungan Wadiah; Mahasiswa FEBI   ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh antara tingkat pengetahuan dan keunggulan suatu produk terhadap ketertarikan mahasiswa dalam menggunakan tabungan wadiah. Fokus studi ini adalah mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara angkatan tahun 2021. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif berdesain deskriptif. Sebanyak 99 responden dipilih menggunakan teknik purposive sampling, kemudian data dianalisis dengan metode regresi linear berganda menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25. Temuan menunjukkan bahwa secara bersama-sama, pengetahuan dan keunggulan produk memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat penggunaan tabungan wadiah. Akan tetapi, dalam analisis parsial, hanya keunggulan produk yang memberikan pengaruh signifikan, sedangkan variabel pengetahuan tidak memberikan dampak yang berarti. Oleh karena itu, hasil studi ini menekankan pentingnya penyampaian informasi yang tepat mengenai manfaat dan keunggulan produk guna meningkatkan minat mahasiswa terhadap penggunaan tabungan wadiah.                 Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh antara tingkat pengetahuan dan keunggulan suatu produk terhadap ketertarikan mahasiswa dalam menggunakan tabungan wadiah. Fokus studi ini adalah mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara angkatan tahun 2021. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif berdesain deskriptif. Sebanyak 99 responden dipilih menggunakan teknik purposive sampling, kemudian data dianalisis dengan metode regresi linear berganda menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25. Temuan menunjukkan bahwa secara bersama-sama, pengetahuan dan keunggulan produk memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat penggunaan tabungan wadiah. Akan tetapi, dalam analisis parsial, hanya keunggulan produk yang memberikan pengaruh signifikan, sedangkan variabel pengetahuan tidak memberikan dampak yang berarti. Oleh karena itu, hasil studi ini menekankan pentingnya penyampaian informasi yang tepat mengenai manfaat dan keunggulan produk guna meningkatkan minat mahasiswa terhadap penggunaan tabungan wadiah.      

Copyrights © 2025






Journal Info
JER

Abbrev

JER

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Economic Resource_(JER) is open access. This journal is published in _ March & September. Journal of Economic Resources|e-ISSN 2620-6196] is a peer-reviewed journal published twice a year (March & September) by the Faculty of Economics and Business, Universitas Muslim Indonesia_UMI. Journal ...