ISSN: 2620-6196 Vol. 5 Issues 2 (2022) Article history: Received - Revised - Accepted - Email Correspondence: ermawatitambak@gmail.com Kata Kunci: Pengetahuan; Keunggulan Produk; Minat; Tabungan Wadiah; Mahasiswa FEBI   ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh antara tingkat pengetahuan dan keunggulan suatu produk terhadap ketertarikan mahasiswa dalam menggunakan tabungan wadiah. Fokus studi ini adalah mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara angkatan tahun 2021. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif berdesain deskriptif. Sebanyak 99 responden dipilih menggunakan teknik purposive sampling, kemudian data dianalisis dengan metode regresi linear berganda menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25. Temuan menunjukkan bahwa secara bersama-sama, pengetahuan dan keunggulan produk memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat penggunaan tabungan wadiah. Akan tetapi, dalam analisis parsial, hanya keunggulan produk yang memberikan pengaruh signifikan, sedangkan variabel pengetahuan tidak memberikan dampak yang berarti. Oleh karena itu, hasil studi ini menekankan pentingnya penyampaian informasi yang tepat mengenai manfaat dan keunggulan produk guna meningkatkan minat mahasiswa terhadap penggunaan tabungan wadiah.                 Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh antara tingkat pengetahuan dan keunggulan suatu produk terhadap ketertarikan mahasiswa dalam menggunakan tabungan wadiah. Fokus studi ini adalah mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara angkatan tahun 2021. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif berdesain deskriptif. Sebanyak 99 responden dipilih menggunakan teknik purposive sampling, kemudian data dianalisis dengan metode regresi linear berganda menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25. Temuan menunjukkan bahwa secara bersama-sama, pengetahuan dan keunggulan produk memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat penggunaan tabungan wadiah. Akan tetapi, dalam analisis parsial, hanya keunggulan produk yang memberikan pengaruh signifikan, sedangkan variabel pengetahuan tidak memberikan dampak yang berarti. Oleh karena itu, hasil studi ini menekankan pentingnya penyampaian informasi yang tepat mengenai manfaat dan keunggulan produk guna meningkatkan minat mahasiswa terhadap penggunaan tabungan wadiah.      
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025