Dedikasi : Jurnal Pengabdian Lentera
Vol. 2 No. 05 (2025): Mei 2025

Pendampingan Guru BK untuk Mengintegrasikan Nilai-Nilai Inklusif dalam Layanan Bimbingan dan Konseling

Juariah, Siti (Unknown)
Badrianto, Yuan (Unknown)
Setyowati, Rini (Unknown)
Midisen, Kisanda (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peran pendampingan guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam mengintegrasikan nilai-nilai inklusif ke dalam layanan bimbingan dan konseling di lingkungan sekolah. Latar belakang penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan mendesak untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang responsif terhadap keberagaman, dimana setiap siswa, terlepas dari latar belakang, kemampuan, maupun kebutuhan khususnya, memperoleh dukungan yang optimal. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi proses pendampingan, dan analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan yang sistematis dan berkelanjutan meningkatkan kompetensi guru BK dalam menerapkan prinsip-prinsip inklusivitas, sehingga mampu menciptakan suasana layanan konseling yang suportif dan adaptif terhadap perbedaan individu. Temuan ini memberikan implikasi strategis bagi pengembangan program pelatihan dan kebijakan pendidikan yang mendukung integrasi nilai-nilai inklusif dalam praktik layanan BK, serta menyarankan perlunya kerjasama antara pemangku kebijakan, pengelola sekolah, dan praktisi BK guna memaksimalkan potensi pendampingan sebagai agen perubahan dalam lingkungan pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

DJPL

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences Other

Description

Dedikasi: Jurnal Pengabdian Lentera diterbitkan oleh Lentera Ilmu Nusantara. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Lentera mewadahi publikasi hasil kegiatan Pengabdian Masyarakat dari berbagai macam disiplin ilmu yang dilaksanakan oleh Dosen-Dosen sebagai bentuk manifestasi Tri Darma Perguruan Tinggi. ...