Jurnal Minfo Polgan (JMP)
Vol. 14 No. 1 (2025): Artikel Penelitian

Analisis Service Quality (Servqual) Pada Pusat Perbelanjaan Oleh-Oleh di Kecamatan Pantee Bidari

Aqsal, Maulida (Unknown)
Safrizal, Safrizal (Unknown)
Chandra, Riny (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pada pusat perbelanjaan oleh-oleh di Kecamatan Pantee Bidari. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengggunakan metode Service Quality (Servqual). Hasil penelitian menunjukkan pada metode Servqual untuk pusat perbelanjaan oleh-oleh di Kecamatan Pantee Bidari belum sepenuhnya dapat memenuhi harapan dari para pelanggan, dibuktikan dengan masih adanya gap antara harapan dan kenyataan dari kelima aspek kualitas pelayanan yaitu Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Emphaty. Pada aspek Tangible memiliki nilai kenyataan 3,89 dan nilai harapan 3,92 sehingga menimbulkan gap sebesar -0,03. Pada aspek Reliability memiliki nilai kenyataan 3,83 dan nilai harapan 4,19 sehingga menimbulkan gap sebesar -0,36. Pada aspek Responsiveness memiliki nilai kenyataan 4,06 dan nilai harapan 4,07 sehingga menimbulkan gap sebesar -0,01. Pada aspek Assurance memiliki nilai kenyataan 3,78 dan nilai harapan 4,20 sehingga menimbulkan gap sebesar -0,42 dan pada aspek Emphaty memiliki nilai kenyataan 4,07 dan nilai harapan 4,22 sehingga menimbulkan gap sebesar -0,15.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Computer Science & IT Library & Information Science Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Minfo Polgan (JMP) merupakan jurnal nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Informatika Politeknik Ganesha Medan terbit berkala (satu tahun dua kali yaitu Maret dan September) dengan tujuan untuk menyebarluaskan hasil riset bidang teknologi dan informasi kepada para akademisi, ...