DIKMAT: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 01 (2024): April 2024

PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TEKNOLOGI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA SEKOLAH DASAR

Purwati, Ika (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh teknologi interaktif terhadap pemahaman konsep matematika siswa di tingkat dasar. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan teknologi interaktif dalam pembelajaran dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi interaktif, seperti alat pembelajaran digital, secara signifikan meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, yang ditunjukkan dengan peningkatan skor posttest kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Selain itu, observasi menunjukkan peningkatan keterlibatan dan motivasi siswa selama pembelajaran. Temuan ini menunjukkan potensi besar teknologi interaktif dalam pendidikan matematika di sekolah dasar, meskipun tantangan dalam implementasinya perlu diperhatikan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi dampak jangka panjang dari teknologi ini dalam pembelajaran matematika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Dikmat

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika yang diterbitkan oleh STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Oktober dan April (dua kali setahun). Jurnal ini menerbitkan artikel studi konseptual dan menganalisis hasil penelitian ...