Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol. 6 No. 1 (2023): Inovasi Teknologi, Psikologi Belajar, dan Adaptasi Pembelajaran Matematika di E

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA KELAS IX

Oktaliana, Vina (Unknown)
Haerudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan buat menganalisis kesulitan peserta didik bersumber pada indeks materi bangun ruang dengan sisi datar sesuai dengan kemampuan pemahaman matematika peserta didik. Metode yang digunakan peneliti ini merupakan deskriptif kualitatif. Subjek peneliti terdiri dari 24 orang siswa kelas IX di SMPN 7 Karawang Barat tahun ajaran 2022/2023. Pengumpulan informasi mengambil dari buatan uji kemampuan pemahaman melalui soal esay yang sudah diberikan serta dokumentasi buatan siswa. Bersumber pada buatan uji soal esay no satu dengan indeks menguasai definisi serta mengenali jaring- jaring kubus serta balok dengan hasil presentase yang diperoleh merupakan 57,81% tercantum dalam jenis rendah. Hasil uji soal no dua dengan indeks Menghitung luas permukaan serta Memastikan volume kubus dengan presentase yang diperoleh adalah 90,63% tercantum dalam jenis sangat besar. Hasil uji soal no tiga dengan indeks menuntaskan permasalahan kostektual yang berkaitan dengan balok dengan presentase yang diperoleh merupakan 37,5% tercantum dalam jenis sangat rendah. Serta hasil uji soal no 4 dengan indeks memastikan volume limas dengan hasil presentase yang diperoleh merupakan 55% tercantum dalam jenis rendah. Dapat disimpulkan kalau peserta didik bersumber pada kemampuan pemahaman matematika dalam menuntaskan soal esay bangun ruang dengan sisi datar mengerjakan soal no satu, tiga serta soal no empat peserta didik masih hadapi kesulitan dalam mengingat, menghafal, menguasai, merapkan serta menganalisis konsep ataupun prinsip, rumusan perhitungan simpel serta melakukan perhitungan secsuai dengan algoritma.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

proximal

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Proximal publishes research results, literature studies, and scientific papers on mathematics and mathematics education. Published scientific studies include Mathematics Teaching, Development of Mathematics Education, Mathematical Sciences, Applied Mathematics, Actuarial Mathematics, and related ...