Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol. 7 No. 2 (2024): Menjembatani Matematika dan Pendidikan Matematika menuju Pemanfaatan Berkelanju

Analysis of Students' Critical Thinking Skill in Terms of Visualizer and Verbalizer Cognitive Styles in Factoring Quadratic Equations

Arwadi, Fajar (Unknown)
Sabri, Sabri (Unknown)
Shalihin, Shafwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan pemfktoran persamaan kuadrat yang ditinjau dari gaya kognitif visualizer dan verbalizer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan skema yang terdiri sdari dua tahap yaitu: (1) mengidentifikasi jenis gaya kognitif siswa ke dalam dua jenis visualizer atau verbalizer; selanjutnya melakukan analisis terhadap kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan indikator yang telah ditetapkan. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SPF SMP Negeri 19 pada 30 siswa kelas IX A. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini visualizer-verbalizer questionnaire, tes penyelesaian masalah terkait pemfaktoran persamaan kuadrat, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

proximal

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Proximal publishes research results, literature studies, and scientific papers on mathematics and mathematics education. Published scientific studies include Mathematics Teaching, Development of Mathematics Education, Mathematical Sciences, Applied Mathematics, Actuarial Mathematics, and related ...