Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan etika bisnis melalui perspektif pembeli marketplace Indonesia terhadap kepuasan pelanggan dalam berbelanja di marketplace. Etika bisnis dalam penelitian ini diukur melalui tiga variabel, yaitu kejujuran (X1), keadilan (X2) dan kepercayaan (X3). Variabel dependen nya adalah kepuasan pelanggan. Populasi dalam peneltian ini yaitu masayarakat Kabupaten Labuhanbatu yang sudah pernah berbelanja online di marketplace Indonesia dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SmartPLS. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan : 1) Variabel kejujuran (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). 2) Variabel Keadilan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). 3) Variabel Kepercayaan (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y).
Copyrights © 2025