Economics and Digital Business Review
Vol. 6 No. 2 (2025): February - July

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Berkunjung Kembali pada Objek Wisata Watu Adeg Sky View

Sari, Nani Yulia (Unknown)
Farida , Umi (Unknown)
W, Dwi Warni (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2025

Abstract

Adanya penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi niat kunjungan ulang wisatawan ke objek wisata Watu Adeg Sky View. Variabel yang diteliti meliputi daya tarik, fasilitas, dan kepuasan wisatawan. Pendekatan yang digunakan yakni kuantitatif melalui penyebaran kuesioner terhadap 97 responden yang memenuhi kriteria berkunjung minimal dua kali. Metode pengambilan sampel yang diterapkan dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Software SPSS versi 25 digunakan untuk membantu menganalisis data. Adapun hasil menunjukkan baik secara parsial maupun simultan, variabel daya tarik wisata, fasilitas, dan kepuasan wisatawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berkunjung kembali. Daya tarik seperti pemandangan alam dan spot foto unik, fasilitas pendukung yang memadai, serta kepuasan pengunjung terhadap pengalaman wisata yang diterima, terbukti menjadi faktor kunci dalam membentuk niat berkunjung kembali. Temuan ini mengindikasikan bahwa pengelolaan destinasi wisata secara berkelanjutan harus menitikberatkan pada peningkatan kualitas daya tarik, fasilitas, dan pelayanan untuk meningkatkan jumlah kunjungan ulang wisatawan dan mendukung pengembangan ekonomi lokal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ecotal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Economics and Digital Business Review, is published by STIE Amkop Makassar in 2020, with registered number ISSN : 2774-2563 (Online), is a peer-reviewed journal published Economics and Digital Business Review published two times a year (January & July) by STIE Amkop Makassar, It provides an academic ...