QAZI : Journal of Islamic Studies
Vol 2 No 1 (2025): 2025

Peran Supervisi Pendidikan dalam Mendorong Inovasi Pengajaran dan Peningkatan Hasil Belajar Siswa di SMPN 7 Pekanbaru

M. Jaya Adi Putra (Unknown)
Yuni Safitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Supervisi pendidikan berperan penting dalam mendorong guru mengembangkan strategi pengajaran yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana praktik supervisi yang bersifat reflektif dan berbasis pembinaan dapat meningkatkan inovasi pengajaran serta hasil belajar siswa di SMPN 7 Pekanbaru. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui Focus Group Discussion (FGD), observasi partisipatif, wawancara semi-terstruktur, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi yang rutin dan dialogis membuka ruang refleksi bagi guru, mendorong mereka menerapkan metode kooperatif, teknologi pembelajaran, serta pendekatan berbasis proyek. Temuan juga menunjukkan bahwa guru yang memperoleh umpan balik rinci cenderung menunjukkan peningkatan signifikan dalam praktik mengajar dan keterlibatan siswa. Meski demikian, hambatan seperti keterbatasan waktu dan persepsi supervisi sebagai evaluasi masih menjadi tantangan. Oleh karena itu, supervisi perlu dilaksanakan secara lebih sistematis, humanis, dan berorientasi pada pengembangan profesional berkelanjutan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

qazi

Publisher

Subject

Religion Social Sciences

Description

QAZI : Journal of Islamic Studies with e-ISSN 3089-1221 p-ISSN 3089-123X is a peer-reviewed open access journal and follows a single-blind review policy. Scientific articles in QAZI: Journal of Islamic Studies are the results of original research, conceptual ideas, and current studies within the ...