Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemahaman terhadap berbagai model dalam penelitian kualitatif yang digunakan secara luas dalam studi sosial dan pendidikan. Model-model seperti etnografi, studi kasus, studi dokumen, observasi alami, grounded theory, dan fenomenologi memiliki karakteristik, pendekatan, dan aplikasi yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis secara komparatif keenam model tersebut agar dapat memberikan panduan metodologis yang tepat bagi peneliti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi pustaka. Data dikumpulkan dari berbagai sumber literatur seperti buku, artikel ilmiah, dan jurnal terakreditasi yang relevan dengan model-model penelitian kualitatif. Analisis dilakukan secara sistematis untuk mengeksplorasi kelebihan, kekurangan, dan konteks penggunaan masing-masing model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap model memiliki keunggulan tersendiri tergantung pada tujuan dan konteks penelitian. Etnografi efektif dalam memahami budaya, studi kasus unggul dalam analisis entitas spesifik, grounded theory membangun teori dari data empiris, sedangkan fenomenologi menggali makna pengalaman subjektif. Studi dokumen dan observasi alami memberikan cara sistematis untuk menelaah artefak dan perilaku alami
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025