Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana minat belajar dan kedisiplinan siswa berpengaruh terhadap hasil belajar sulam di SMA Negeri 1 Padang Panjang. Pendekatan Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain korelasional. Dari total 301 siswa kelas XII, sebanyak 172 siswa dipilih sebagai sampel menggunakan rumus Slovin. Data dikumpulkan melalui angket tertutup yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Hasil analisis dengan regresi linier berganda menunjukkan bahwa baik minat belajar maupun disiplin berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, baik secara terpisah maupun bersama-sama. Menariknya, disiplin ternyata memberikan kontribusi yang lebih dominan. Temuan ini memberikan gambaran bahwa strategi pembelajaran yang efektif perlu menggabungkan upaya untuk menumbuhkan minat sekaligus menanamkan kedisiplinan secara seimbang dalam proses belajar siswa.
Copyrights © 2025