Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberhasilan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh PT Harita Nickel dalam memberdayakan masyarakat di Pulau Obi. Metode yang digunakan adalah analisis konten terhadap akun Instagram resmi @harita.nickel sebagai sumber utama data. Penelitian ini fokus pada dua aspek utama, yaitu implementasi program CSR oleh perusahaan dan partisipasi masyarakat serta pro-kontra terhadap program CSR perusahaan Harita Nickel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program CSR Harita Nickel di Pulau Obi berhasil meningkatkan kualitas pendidikan, keterampilan kerja, konservasi dan pengelolaan lingkungan, serta mendukung UMKM lokal. Tingginya partisipasi dan penerimaan masyarakat menunjukkan keberhasilan inisiatif dalam memberdayakan komunitas lokal, mencerminkan komitmen perusahaan terhadap pembangunan berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat. Namun, selain menuai respon positif dari netizen yang mungkin beberapa dari mereka adalah penduduk pulau Obi, juga menuai kontra yang pada nyatanya tidak sesuai dengan apa yang diposting, seperti rusaknya lautan akibat pencemaran. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam mengenai efektivitas CSR dalam konteks pemberdayaan masyarakat di wilayah yang terpencil seperti Pulau Obi, serta mengevaluasi lebih lanjut terkait kontra masyarakat terhadap program yang digerakkan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025