Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 8, No 1 (2025): Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi

Analisis Semiotika dalam Iklan Gojek “Ungkapkan yang dihati, Kirimkan yang Berarti”

Wijayanti, Annisa Alifiana (Unknown)
Wibowo, Arif Ardy (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 May 2025

Abstract

Komunikasi dalam keluarga sangat penting untuk menunjang keharmonisan. Komunikasi memiliki dua jenis yaitu komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal. Dalam kehidupan secara tidak sengaja komunikasi nonverbal sering digunakan dan memiliki berbagai macam pandangan ketika seseorang menggunakan komunikasi nonverbal sebagai respon atau memberikan pesan kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap makna denotasi, konotasi serta dikaitkan dengan mitos yang terjadi di masyarakat dalam iklan gojek “Ungkapkan yang dihati, Kirimkan yang berarti” yang berkaitan dengan komunikasi interpersonal bapak dan anak. Iklan ini mengisahkan sebuah keluarga yang tidak harmonis akibat hambatan dalam berkomunikasi yang menimbulkan kesalahpahaman. Penelitian ini menggunakan semiotika Roland Barthes yang mengkaji dua tiga unsur yaitu denotasi, konotasi dan mitos. Hasil penelitian terdapat 4 scene yang mengandung unsur komunikasi interpersonal yang terjadi antara bapak dan anak yang ditampilkan dari tindakan verbal maupun nonverbal. Dengan penelitian ini dapat dijadikan gambaran mengenai komunikasi interpersonal dalam mewujudkan keharmonisan keluarga. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ilkom

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi, is academic journal, free of charge. Lektur, Jurnal Ilmu Komunikasi, is an interdisciplinary journal that welcomes contributions coming from and speaking to the many disciplines and approaches that meet at the crossroads that is Communication ...