Saat ini, aktivitas memberikan dongeng atau mendongeng kepada anak, khususnya kepada anak-anak usia sekolah dasar, sudah mulai jarang ditemukan. Untuk itu, diperlukan penelitian yang dapat mengungkap aktivitas pemberian dongeng kepada anak usia sekolah dasar. Namun, pertanyaan yang kemudian muncul adalah terkait alat ukur yang digunakan dalam penelitiannya nanti. Apakah alat ukurnya nanti benar-benar mengukur apa yang hendak dan seharusnya diukur, serta sejauhmana alat ukur tersebut dapat diandalkan dan berguna. Tujuan penelitian ini adalah ingin menguji validitas dan reliabilitas konstruk intensitas pemberian dongeng yang disusun oleh Bawono. Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas IV dan V SDIT Ulil Albab, Kamal-Bangkalan sejumlah 57 anak. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diketahui bahwa aspek dan item-item pada konstruk intensitas pemberian dongeng telah valid dan reliabel, sehingga dapat digunakan sebagai alat ukur penelitian yang dapat merefleksikan konstruk intensitas pemberian dongeng.
Copyrights © 2025