NAJAHA IQTISHOD : Journal of Islamic Economic and Finance
Vol. 6 No. 1 (2025): 2025

Pengaruh Call Center, M-Banking dan Biaya Admin terhadap Loyalitas Nasabah BSI Kota Jambi (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi)

Amanda, Chealsy (Unknown)
Rafiqi, Rafiqi (Unknown)
Aprizal, Yusuf Zaini (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Perkembangan teknologi perbankan mendorong inovasi layanan, termasuk Call Center, mobile banking (M-Banking), dan biaya administrasi untuk meningkatkan kepuasan nasabah. Layanan ini memungkinkan nasabah mengakses informasi, melakukan transaksi, dan menyelesaikan masalah secara efisien tanpa harus datang ke kantor cabang. Namun, biaya administrasi juga memengaruhi kepuasan dan loyalitas nasabah terhadap bank. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Call Center, M-Banking, dan Biaya Admin terhadap loyalitas nasabah, jumlah responden dari penelitian ini yaitu sebanyak 98 responden, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner berbasis skala likert dan data diolah menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, Call Center tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah Sebaliknya, M-Banking dan Biaya Admin memiliki pengaruh signifikan. Uji simultan menunjukkan variabel Call Center, M-Banking, dan Biaya Admin secara bersama-sama memengaruhi loyalitas nasabah, Penelitian ini menggaris bawahi pentingnya optimalisasi M-Banking dan kebijakan biaya administrasi untuk meningkatkan loyalitas nasabah di sektor perbankan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIEF

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Focus and Scope 1. Manajemen dan Bisnis Islam 2. Keuangan Islam 3. Akuntansi Syariah 4. Lembaga Keuangan Islam 5. Pasar Halal 6. Perilaku Ekonomi 7. Sumber Daya Manusia dalam Perspektif Islam 8. Atau segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan ekonomi ...