Al-Idzaah : Jurnal Dakwah dan Komunikasi
Vol. 7 No. 1 (2025): Dakwah dan Komunikasi

PENGARUH PEMBERITAAN TENTANG GUS MIFTAH DAN PENJUAL ES TEH DI MEDIA SOSIAL TERHADAP CITRA GUS MIFTAH SEBAGAI PENDAKWAH

Puput Kusumaningtias (Unknown)
Rizqi Akbarani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Desember 2024, media sosial diramaikan dengan pemberitaan Gus Miftah yang sedang bertemu dengan penjual es the dimana Gus Miftah memberikan pernyataan kepada penjual es teh. “Es tehmu sek okeh ra? Masih? Yo kono di dol Goblok. Dol en disik engko lek ga payu yauwes takdir” dengan tertawa terbahak-bahak. Potongan video tersebut terjadi pada saat acara tabligh akbar Magelang bersholawat. Kejadian tersebut menjadi viral dan banyak diperbincangkan oleh Masyarakat serta mempengaruhi citra Gus Miftah sebagai pendakwah yang popular pada saat ini. Peneliti tertarik untuk menganalisis tentang sejauh mana pengaruh pemberitaan Gus Miftah tentang penjual es teh terhadap citra Gus Miftah sebagai pendakwah. Adapun penelitian ini menggunakann teori S-O-R untuk diteliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Berdasarkan hasil nilai regresi linier sederhana diperoleh hasil tingkat nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka ada pengaruh variabel (X) pemberitaan Gus Miftah terhadap variabel (Y) citra pendakwah. Pada uji koefisiensi determinasi menunjukkan besarnya nilai diperoleh koefisiensi determinasi (R square) yaitu sebesar 0,341. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberitaan tentang Gus Miftah tentang penjual es teh mempengaruhi citra Gus Miftah sebagai pendakwah sebanyak 34% Sehingga, penelitian ini juga memiliki kontribusi untuk memberikan pemahaman mengenai bagaimana pemberitaan di media dapat membentuk citra tokoh di mata publik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

alidzaah

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Al-Idzaah : Dakwah dan komunikasi mempublikasikan artikel dakwah dan ilmu komunikasi. Scope artikel meliputi kajian media, dakwah, komunikasi, analisis ...