Jurnal Basicedu
Vol. 9 No. 3 (2025): Juni

Pengaruh Pendekatan Disiplin Positif terhadap Karakter Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV di Sekolah Dasar

Februannisa, Waode Zahra (Unknown)
Agnesa, Oki Sandra (Unknown)
Nur Afifi, Erwinestri Hanidar (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2025

Abstract

Pendekatan disiplin positif merupakan salah satu pendekatan yang dapat mendukung pembentukkan karakter positif peserta didik dan menciptakan kualitas pembelajaran yang baik di lingkungan satuan pendidikan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pendekatan disiplin positif terhadap karakter peserta didik dalam pembelajaran matematika kelas IV di SD Al Jihad Kota Sorong, yang dilaksanakan menggunakan mix method dengan jenis Exploratory Design tipe Instrument Development Model. Populasi penelitian ini adalah 452 peserta didik dengan sampel 47 peserta didik yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara, observasi, dokumentasi dan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Milles and Huberman untuk data kualitatif, sedangkan untuk data kuantitatif menggunakan uji validitas, perhitungan mean, uji normalitas, uji N-Gain, dan uji non parametrik Mann Whitney. Hasil penelitian dengan menggunakan uji statistik non parametrik diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 sehingga terdapat pengaruh pendekatan disiplin positif terhadap karakter peserta didik, tetapi pada hasil uji N-Gain didapatkan bahwa hasil disiplin positif tidak menunjukkan perubahan yang signifikan terhadap karakter peserta didik dalam pembelajaran matematika kelas IV di SD Al Jihad Kota Sorong.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...