Guru merupakan pemimpin dalam proses pembelajaran dan memiliki peran strategis dalam bidang pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kemampuan pedagogik guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V-B SDN Sukun 1 Malang. Metodologi kualitatif deskriptif digunakan untuk mengkarakterisasi dan menjelaskan fenomena secara menyeluruh. Berdasarkan hasil penelitian, guru di SDN Sukun 1 Malang telah melaksanakan pembelajaran yang mencakup semua aspek kompetensi pedagogik, seperti pengembangan kurikulum, penguasaan karakteristik siswa, pelaksanaan pembelajaran edukatif, pemahaman teori dan prinsip belajar, penilaian hasil belajar, dan pengembangan potensi siswa. Penerapan keenam unsur tersebut terbukti dapat meningkatkan semangat belajar siswa, terlihat dari meningkatnya keterlibatan siswa dalam kegiatan kelas, kepatuhan terhadap peraturan, dan perolehan informasi serta kemampuan baru. Dapat dikatakan bahwa kompetensi pedagogik guru sangat penting dalam membangun dan meningkatkan keinginan belajar siswa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025