Pemanfaatan gamifikasi dalam pembelajaran dasar semakin berkembang, namun guru sekolah dasar masih menghadapi berbagai tantangan dalam implementasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menguraikan tantangan-tantangan yang dihadapi guru dalam menerapkan gamifikasi guna meningkatkan keaktifan siswa. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) terhadap 22 artikel jurnal ilmiah terindeks SINTA yang relevan dan dapat diakses secara terbuka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama mencakup keterbatasan pemahaman guru terhadap konsep gamifikasi, kurangnya pelatihan teknis, keterbatasan infrastruktur teknologi di sekolah, serta resistensi terhadap inovasi pembelajaran. Selain itu, ditemukan bahwa tidak semua media gamifikasi sesuai untuk jenjang sekolah dasar karena keterbatasan usia dan kesiapan siswa dalam beradaptasi dengan teknologi. Beberapa studi juga menunjukkan rendahnya dukungan institusional dan minimnya evaluasi berkelanjutan terhadap efektivitas gamifikasi. Simpulan dari penelitian ini menegaskan pentingnya penguatan kompetensi guru, dukungan kebijakan sekolah, dan pemilihan media gamifikasi yang kontekstual agar strategi ini dapat optimal dalam mendorong keaktifan siswa di kelas
Copyrights © 2025