Jurnal Basicedu
Vol. 9 No. 4 (2025): August

Studi Analisis Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru dan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar

Hermansah, Hermansah (Unknown)
Rosmilawati, Ila (Unknown)
Juansah, Dase Erwin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Kepemimpinan di sekolah sangat strategis untuk meningkatkan kinerja guru serta mutu pendidikan secara menyeluruh, pemimpin sebagai penggerak komunitas harus mampu berkolaborasi mewujudkan visi dan misi sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu mengkaji pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru serta pengaruhnya terhadap mutu  pendidikan di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Systematic Literature Review (SLR), peneliti mengumpulkan data berupa artikel dengan tema yang sesuai pembahasan, kemudian artikel dianalisis  dan diinterpretasikan. Hasil dari penelitian studi Sytematic Literature Review (SLR) menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah dapat menjalankan visi dan misi secara realistis. Kepemimpinan transformasional dapat memotivasi, menginspirasi, mendorong inovasi, membangun kolaborasi, memberdayakan kepemimpinan, dan memaksimalkan kinerja guru. Kepemimpinan transformasional kepala sekolah menumbuhkan komitmen guru untuk melakukan transformasi pembelajaran dan dapat merubah mindset yang sangat dibutuhkan untuk mendukung mutu pendidikan. Kepala sekolah yang mengimplementasikan kepemimpinan transformasional selalu mengutamakan kepentingan organisasi dengan memberikan teladan dan berwibawa sehingga menumbuhkan kesadaran pada anggotanya. Kepemimpinan transformasional kepala sekolah  dapat berdampak positif terhadap kinerja guru dan berkontribusi baik terhadap peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...