Sejak usia dini, pendidikan karakter memainkan peran penting dalam pembentukan moral dan kepribadian siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif sosialisasi integrasi nilai-nilai karakter ke dalam kurikulum Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Muara Panas. Sebagai bagian dari program pengabdian masyarakat, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Padang melakukan kegiatan ini. Siswa dapat berpartisipasi aktif dengan menggunakan presentasi, diskusi interaktif, pemutaran video, dan kuis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang interaktif dan partisipatif dapat membantu orang lebih memahami dan menerapkan nilai-nilai karakter seperti kejujuran, disiplin, tanggung jawab, dan kerjasama dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu dengan pemberian hadiah sebagai bentuk apresiasi siswa-siswi juga termotivasi untuk berpartisipasi lebih aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menegaskan bahwa sosialisasi pendidikan karakter, yang di integrasikan ke dalam kurikulum dan disampaikan dengan cara yang menarik, dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pembentukan karakter siswa yang bermoral dan bertanggung jawab.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025