Pembentukan karakter peserta didik merupakan aspek penting dalam dunia pendidikan, khususnya pada tingkat sekolah dasar. Karakter yang kuat menjadi fondasi dalam membentuk pribadi yang tangguh, bermoral, dan berintegritas tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pola asuh orang tua dan lingkungan sosial terhadap pembentukan karakter peserta didik di SD Mardi Sunu Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, dan termasuk dalam kategori penelitian kausal karena meneliti hubungan sebab-akibat antara variabel bebas (pola asuh orang tua dan lingkungan sosial) dengan variabel terikat (pembentukan karakter peserta didik). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wali murid peserta didik SD Mardi Sunu Surabaya dengan jumlah sampel sebanyak 20 responden yang ditentukan melalui teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket/kuesioner yang disusun berdasarkan indikator dari masing-masing variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik pola asuh orang tua maupun lingkungan sosial secara simultan maupun parsial berpengaruh signifikan terhadap pembentukan karakter anak. Artinya, pola pengasuhan yang diterapkan orang tua (otoriter, demokratis, permisif,) serta lingkungan sosial anak (keluarga, sekolah, teman sebaya, dan masyarakat) memiliki kontribusi besar dalam membentuk karakter peserta didik
Copyrights © 2025