Berwisata sangat penting dalam membantu seseorang bersantai dan beristirahat. Perilaku wisatawan merupakan respon pada niat berkunjung kembali ke objek dan destinasi wisata, tetapi perilaku wisatawan juga sebagai respon tidak mengunjungi kembali ke objek dan destinasi wisata tersebut. Hal ini dapat disebabkan karena citra destinasi yang positif atau negatif berdasarkan pengalaman wisatawan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan wisatawan berkunjung ke Jembatan 1 Barelang dan persepsi masyarakat serta pedagang sekitarnya mengenai perilaku wisatawan lokal. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang membahas secara rinci mengenai perilaku wisatawan lokal berdasarkan persepsi masyarakat dan pedagang setempat. Berdasarkan hasil penelitian, perilaku wisatawan lokal menunjukkan bahwa sebagian besar (77,8%) wisatawan yang berkunjung merupakan masyarakat Kota Batam. Sedangkan perilaku wisatawan lokal ramah dan baik (61,1%), hal tersebut disebabkan karena wisatawan yang datang berkunjung dengan tujuan untuk berlibur dan berekreasi dengan demikian terjadi interaksi yang terkesan lebih akrab. Saran untuk pihak pengelola agar mengembangkan lokasi melihat sunset lebih luas, dan variasi dari menu pedagang kuliner sehingga dapat meningkatkan citra dan niat berkunjung kembali. Rekomendasi untuk penelitian lanjut, dapat menggunakan metode penelitian kuantitatif, dan objek penelitian fokus pada perilaku pedagang dari sudut pandang wisatawan.
Copyrights © 2025