Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Vol. 7 No. 2 (2025): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika

Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis Siswa SMP Tipe Camper pada Soal Literasi Matematika

Wahyuningtyas, Daniar (Unknown)
Qohar, Abd. (Unknown)
Kusumasari, Vita (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2025

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis tulis merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa. Kemampuan ini meminta siswa untuk mampu menuangkan gagasan dan ide-ide yang mereka miliki dalam bentuk tulisan. Kemampuan ini dipengaruhi oleh karakteristik siswa yaitu ketahanan dalam menghadapi sebuah kesulitan. Soal literasi matematika dianggap mampu membantu menggali informasi terkait kemampuan komunikasi matematis tulis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis tulis siswa SMP tipe camper dalam menyelesaikan soal literasi matematika. Penelitian dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu: 1) pemilihan kelas subjek penelitian; 2) pengembangan instrumen dan validasi; 3) pemberian angket Adversity Response Profile (ARP) dan soal tipe literasi matematika kepada siswa; 4) reduksi data; 5) analisis data dan penyajian data, serta; 6) penarikan kesimpulan. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif dengan berpedoman pada indikator kemampuan komunikasi matematika tulis. Subjek penelitian adalah 26 siswa SMP kelas XI yang selanjutnya hanya dipilih empat orang untuk dianalisis jawabannya. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan komunikasi matematis siswa camper dikategorikan sudah baik dan memenuhi hampir seluruh indikator kemampuan komunikasi matematis, namun masih terdapat kekurangan seperti masih adanya kesalahan penggunaan simbol matematika dan ketidaklengkapan penulisan keterangan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

indiktika

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Indikta Journal publish scientific articles in the field of mathematics education. Papers accepted can be a disseminate research result, theoretical studies, and mathematics learning. The article submitted has not been approved and has not been accepted for publication in another ...