Destinasi wisata yang menarik, unik, atau baru, seperti yang ditampilkan di media sosial, mampu menarik minat masyarakat untuk berkunjung. Pengembangan objek wisata baru oleh desa perlu dikemas menjadi objek yang unik dan menarik. Studi eksplorasi dalam rangka pemberdayaan masyarakat ini bertujuan untuk mendapatkan destinasi wisata yang unik dan potensial yang dikembangkan oleh desa untuk mengembangkan kawasan wisata di suatu kecamatan. Objek kajian ini adalah desa-desa di Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur. Metode kajian yang digunakan adalah metode aksi partisipatif dengan melibatkan tim peneliti bersama camat, perangkat desa, dan pengelola objek wisata. Identifikasi potensi wisata di seluruh tiga belas desa dilakukan dengan data yang diperoleh dari wawancara semi terstruktur atau focus group discussion dan observasi objek wisata. Sebanyak lima objek wisata unik telah dikaji dan diusulkan sebagai objek wisata yang perlu dikembangkan. Kajian ini memberikan kontribusi ilmiah dengan memperkaya literatur pengembangan desa wisata dalam konteks kecamatan pariwisata. Hasil kajian dapat digunakan oleh kecamatan dan desa untuk mengembangkan objek wisata baru. Kajian ini menyarankan bahwa pengembangan desa wisata perlu dikoordinasikan pada tingkat kecamatan sehingga terjadi sinergi yang saling meningkatkan kualitas dan jumlah kunjungan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025