Peningkatan jumlah wisatawan Sumenep pada tahun 2023 naik hingga 300% namun data menunjukkan lama tinggal wisatawan di sumenep tidak berkorelasi dengan jumlah wisatawan dan berdampak pada pemasukan asli daerah yang tidak optimal. Hal ini menjadi alasan menjadikan kajian penting tentang bagaimana suatu destinasi wisata dapat menciptakan daya tarik untuk tinggal lebih lama (length of stay). Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji adanya pengaruh pilihan media dengan lama tinggal wisatawan gastronomi. menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif melalui pendekatan regresi, dengan melakukan wawancara dan uji pengaruh melalui respondent yang ditentukan yakni, sejumlah 80 audiens yang menikmati kuliner Sumenep dan tertarik datang dengan promosi media. Hasil regresi linier sederhana menunjukkan bahwa R² adalah 0.557, yang berarti bahwa 55.7% variansi dalam length of stay dijelaskan oleh variabel Pilihan Media. Hasil regresi linier berganda menunjukkan bahwa R² adalah 0.650, yang berarti 65% variansi dijelaskan oleh kombinasi variabel media digital.
Copyrights © 2025