Guru sering kali memaksakan cara mengajar tanpa mempertimbangkan kebutuhan, minat, dan bakat anak yang relevan. Mereka hanya menggunakan metode tradisional, karena dianggap lebih praktis dibandingkan dengan metode lainnya. Salah satu cara yang dapat melibatkan siswa adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Model CTL merupakan pendekatan belajar yang membantu guru mengaitkan materi pengajaran dengan situasi nyata yang dialami siswa, serta mendorong siswa untuk menghubungkan pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menerapkan metode analisis meta. Pencarian jurnal dilakukan melalui program Google Cendekia dan Google Scholar dengan kata kunci yang berkaitan dengan model CTL. Dari analisis berbagai jurnal penelitian, ditemukan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning sangat cocok diterapkan dalam proses belajar di sekolah, baik di tingkat dasar maupun menengah. Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa penerapan model CTL dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa. Model pembelajaran CTL memiliki keuntungan berupa proses belajar yang lebih produktif dan kemampuan memperkuat pemahaman siswa, karena dalam model Contextual Teaching and Learning (CTL), siswa diharapkan untuk menemukan pengetahuan mereka sendiri.
Copyrights © 2025