Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kebutuhan buku ajar sebagai sumber belajar mahasiswa karena Mata Kuliah Hospitality merupakan Mata Kuliah baru dalam kurikulum Pendidikan Kesejahteraan Keluarga tahun 2024 yang mempelajari tentang industri pariwisata dan pelayan publik, serta gabungan materi meliputi Dasar Graha, Dasar Rias, Pelayanan Prima dan Pariwisata. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mengukur kelayakan dan kebermanfaatan buku ajar, sedangkan kualitatif berfokus pada pengumpulan data berdasarkan hasil observasi, wawancara dan studi dokumen. Tahapan penelitian terdiri dari Analysis, Design, Development, dan Evaluation. Partisipan dalam penelitian ini adalah 2 dosen Pendidikan Kesejahteraan Keluarga sebagai akademisi, 2 praktisi dari industri pariwisata, serta 5 mahasiswa Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga angkatan 2024 sebagai pengguna buku ajar. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi pada proses perkuliahan hospitality, wawancara kepada dosen pengampu Mata Kuliah Hospitality, studi dokumen, expert judgement oleh akademisi dan praktisi serta uji coba terbatas kepada pengguna. Hasil validasi pengembangan buku ajar pariwisata adalah: (1) Penilaian validasi oleh akademisi memperoleh hasil dengan kategori sangat layak. (2) Penilaian validasi oleh praktisi memperoleh hasil dengan kategori sangat layak. (3) Hasil uji coba terbatas kepada pengguna memperoleh kriteria sangat bermanfaat. Saran dari penelitian ini adalah mahasiswa dapat menggunakan buku ajar sebagai sumber belajar untuk menguasai ilmu hospitality dalam industri pariwisata yang dapat diakses secara fisik maupun digital.
Copyrights © 2025