Ekasakti Jurnal Penelitian dan Pengabdian (EJPP)
Vol. 5 No. 2 (2025): Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (Mei 2025 - Oktober 2025)

Game Edukasi Pengenalan Anggota Tubuh Menggunakan Bahasan Inggris Untuk Anak Tunagrahita Kelas LL Pada SLB-C Negeri 01 Padang

Roni Saputra (Unknown)
Rika Margareta (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2025

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang pesat telah menghadirkan peluang baru dalam dunia pendidikan, termasuk dalam pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus. Anak tunagrahita, sebagai salah satu kelompok yang memerlukan pendekatan pembelajaran khusus, membutuhkan media yang interaktif, menyenangkan, dan mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah game edukasi berbasis Android yang dirancang untuk mengenalkan anggota tubuh menggunakan bahasa Inggris kepada anak tunagrahita kelas LL di SLB-C Negeri 01 Padang. Penggunaan game sebagai media pembelajaran dipilih karena mampu meningkatkan motivasi, daya ingat, dan keterampilan kognitif serta motorik halus anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan drag-and-drop, di mana anak dapat berinteraksi secara langsung dengan objek-objek visual melalui gerakan menyeret dan melepaskan huruf untuk menyusun nama anggota tubuh. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan Construct 3, yang mendukung pengembangan game edukatif berbasis HTML5 tanpa perlu penguasaan bahasa pemrograman tingkat lanjut. Tahapan pengembangan meliputi studi literatur, analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, serta pengujian sistem. Hasil dari pengujian black box menunjukkan bahwa seluruh fitur dalam aplikasi berfungsi dengan baik sesuai perancangan, mulai dari menu utama, pemilihan bahasa, navigasi ke pembelajaran, hingga tampilan level permainan. Pengujian tersebut membuktikan bahwa aplikasi telah memenuhi standar fungsionalitas sistem yang diharapkan. Selain itu, desain antarmuka yang ramah anak dan penggunaan elemen visual yang menarik terbukti meningkatkan minat serta pemahaman anak terhadap konsep anggota tubuh. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa game edukasi yang dikembangkan efektif digunakan sebagai media pembelajaran interaktif untuk anak tunagrahita. Aplikasi ini tidak hanya membantu mengenalkan anggota tubuh dalam bahasa Inggris, tetapi juga berkontribusi dalam memperkaya pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa berkebutuhan khusus di era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

EJPP

Publisher

Subject

Library & Information Science Public Health

Description

Jurnal akademik yang mematuhi standar ulasan sejawat tertinggi. Jurnal ini fokus pada Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Jurnal ini memiliki "karakter" terbuka dan berkontribusi dari hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat; dan menjelaskan dalam membimbing karakteristik ...