User Experience Questionnaire (UEQ) digunakan pada penelitian ini untuk mengevaluasi pengalaman pengguna Sistem Informasi dan Manajemen Portal SMP Negeri 6 Singaraja (SIM Portal SPENSIX). Aplikasi ini dikembangkan sebagai solusi atas permasalahan manajemen dokumen digital sekolah yang belum tertata rapi. Aplikasi ini dapat membantu sekolah dalam mengelola data, meningkatkan efisiensi administrasi, dan mendukung proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metodologi kuesioner. Kuesioner UEQ dipilih karena dianggap efektif dalam mengukur persepsi pengguna terhadap berbagai aspek pengalaman pengguna, seperti stimulasi, daya tarik, kejelasan, efisiensi, kebaruan, dan akurasi. Penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu perancangan kuesioner UEQ dengan studi literatur dan penentuan populasi dan sampel penelitian, pengumpulan data dari guru, analisis data secara kuantitatif, interpretasi hasil, dan analisis rekomendasi perbaikan. Survei UEQ dilakukan terhadap 57 responden guru yang dimana adalah sebagai pengguna aplikasi, untuk mengukur persepsi mereka terhadap kejelasan, daya tarik, stimulasi, kebaruan, efisiensi dan ketepatan aplikasi SIM Portal Spensix. Hasil Penelitian ini menunjukkan SIM Portal SPENSIX mendapat nilai baik pada 5 aspek yaitu dengan nilai rata-rata 2.58 pada daya tarik, 2.46 pada kejelasan, 2.57 pada efesiensi, 2.47 pada ketepatan dan 2.46 pada kebaruan. Namun, terdapat potensi paling rendah pada 1 aspek dengan nilai diatas rata-rata yaitu 1.25 pada stimulasi. Penelitian ini memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan hasil evaluasi UEQ, khususnya pada aspek stimulasi, untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna aplikasi Portal SPENSIX.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025