eJournal Kedokteran Indonesia
Vol. 13 No. 1 (2025): Vol 13, No. 1 - April 2025

Perspektif Staf Pengajar terhadap Teori dan Praktik Terbaik dalam Penerapan Flipped Classroom

Vardhani, Afifah (Unknown)
Soemantri, Diantha (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2025

Abstract

Flipped classroom atau pembelajaran terbalik mengubah metode pengajaran tradisional dengan memindahkan kegiatan saat sesi tatap muka di dalam kelas menjadi kegiatan di luar kelas. Metode ini memungkinkan waktu di dalam kelas difokuskan untuk kegiatan pembelajaran interaktif yang dipandu oleh staf pengajar. Tujuan dari tinjauan pustaka ini adalah untuk menerapkan praktik terbaik dari flipped classroom berdasarkan perspektif staf pengajar. Flipped classroom merupakan proses pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme dan teori pembelajaran sosial. Penetapan tujuan pembelajaran, pemanfaatan teknologi, penerapan metode pembelajaran, penilaian, dan pembelajaran aktif diperlukan dalam mengatur sesi pra-kelas dan sesi tatap muka untuk mencapai flipped classroom yang efektif. Penguasaan terhadap teori dan praktik flipped classroom diperlukan untuk mencapai keberhasilan dari metode ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Neuroscience Public Health

Description

eJournal Kedokteran Indonesia (eJKI) is a general medical journal, published quadrimester (April, August, December) by Faculty of Medicine Universitas Indonesia, Jakarta, Indonesia. eJKI aims to published the manuscript of students (Bachelor of Medicine (S.Ked), study Program of Medical Profession, ...