Perpustakaan Universitas Mahakarya Asia (UNMAHA) adalah sebuah tempat yang menyimpan, mengelola, dan menyediakan berbagai jenis bahan pustaka baik dalam bentuk cetak maupun elektronik kepada civitas akademika. Saat ini sistem yang digunakan masih menggunakan sistem komputer dimana pengunjung melakukan peminjaman buku dengan datang langsung ke perpustakaan lalu memilih buku yang diinginkan kemudian admin akan memasukkan data buku ke sistem komputer dimana hal ini memiliki beberapa kekurangan baik dari sisi efektifitas maupun kinerja. Perpustakaan UNMAHA membutuhkan proses pelayanan yang lebih cepat dan akurat agar sejalan dengan visi dan misi perguruan tinggi yang mengutamakan inovasi dan pembaharuan dalam mempercepat proses pelayanan, salah satunya melibatkan penggunaan sistem informasi berbasis mobile. Sistem informasi yang dibuat harus memperhatikan faktor User Interface (UI) dan User Experience (UX) karena kedua faktor tersebut dapat mempengaruhi keberhasilan penggunaan sistem di masa yang akan datang. Pada perancangan ini penulis membatasi materi yang dibahas berupa data buku, layanan pinjam buku, pengembalian buku dan akses buku online di Perpustakaan UNMAHA dengan aplikasi editing Figma. Dengan perancangan ini diharapkan pihak perpustakaan dapat menerapkan teknologi di bidang digital library untuk meningkatkan kualitas pelayanan, daya saing dan SDM yang berkualitas.
Copyrights © 2025