Prolanis merupakan program pengelolaan penyakit kronis seperti hipertensi dan DM tipe 2 untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya kesehatan yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien peserta program prolanis di Rumah Sakit Umum Daerah Haji Kota Makassar. Metode yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan kajian potong lintang (cross sectional study). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah peserta Hipertensi dan Diabetes Mellitus yang mengikuti kegiatan Prolanis di wilayah kerja RSUD Haji Kota Makassar dengan sampel sebanyak 106 peserta. Teknik penentuan sampelnya adalah dengan menggunakan metode accidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah chi square dan regresi logistik berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keterjangkauan (p=0,000), keamanan (p=0,008), informasi (p=0,018), ketepatan waktu (p=0,002) berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Sedangkan kenyamanan (p=0,089) tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Hasil uji regresi logistik berganda secara bersamaan diperoleh bahwa keterjangkauan merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pasien peserta prolanis di RSUD haji Kota Makassar. Kepada pihak Rumah Sakit Umum Daerah Haji Kota Makassar agar membenahi dan mengevaluasi hal apa saja yang menjadi keluhan pasien terutama dalam kenyaman pasien yang menggunakan fasilitas kesehatan di RSUD Haji Kota Makassar.
Copyrights © 2025