Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Vol. 14 No. 2 (2025): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan

PENGARUH KEPUASAN KOMPUTASI PENGGUNA AKHIR DAN MOTIVASI PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KINERJA KERJA: PERAN MEDIASI PERILAKU KERJA INOVATIF STUDI PADA OTORITAS KEPABEANAN INDONESIA: -

Basnur, Adiyat (Unknown)
Rachmawati, Riani (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2025

Abstract

Otoritas Kepabeanan Indonesia berperan dalam mendukung ketahanan fiskal dan mendorong pertumbuhan perekonomian nasional. Kinerja organisasi tersebut bergantung pada kinerja individu pegawainya. Penelitian ini bertujuan menginvestigasi pengaruh kepuasan komputasi pengguna akhir dan motivasi pelayanan publik terhadap kinerja kerja pegawai Otoritas Kepabeanan Indonesia serta menggali peran perilaku kerja inovatif sebagai mediator antara kepuasan komputasi pengguna akhir dan motivasi pelayanan publik dengan kinerja kerja. Data dikumpulkan melalui kuesioner terhadap 503 pegawai Otoritas Kepabeanan Indonesia dan dianalisis menggunakan Lisrel 8.8 dengan teknik Structural Equation Modeling . Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan komputasi pengguna akhir dan motivasi pelayanan publik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja kerja. Perilaku kerja inovatif secara parsial memediasi pengaruh kepuasan komputasi pengguna akhir dan motivasi pelayanan publik terhadap kinerja kerja. Temuan ini berkontribusi terhadap pengembangan sumber daya manusia dengan menunjukkan pentingnya kepuasan komputasi pengguna akhir dan motivasi pelayanan publik serta peran mediasi perilaku kerja inovatif dalam meningkatkan kinerja kerja pegawai sektor publik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mankeu

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Mankeu) merupakan jurnal yang dapat di akses secara terbuka yang diterbitkan secara periodic tiga kali dalam setahun dengan periode April, September dan Desember. Mankeu menerima naskah secara nasionala dan local dari peneliti, akademisi, praktisi dan ...