Jurnal Teknik Informatika Unika Santo Thomas (JTIUST)
Vol 10 No. 1 : Tahun 2025

Pengembangan e-Learning dengan Metode Flipped Classroom Berbasis Classdojo untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran TIK

Ningsih, Wirda (Unknown)
Ahyar, Ahyar (Unknown)
Agustinasari, Agustinasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2025

Abstract

Masalah yang dihadapi dalam kegiatan belajar di SMP Negeri 8 SATAP Donggo adalah rendahnya pemahaman siswa tentang materi TIK, kurangnya partisipasi aktif siswa dalam proses belajar, serta dominasi metode ceramah yang diterapkan oleh pengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan e-learning menggunakan ClassDojo dengan pendekatan flipped class untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran TIK. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) yang mencakup lima tahap utama: penelitian awal, pembuatan produk awal, pengujian produk, penilaian, dan produk akhir. Alat yang digunakan adalah pre-test dan post-test untuk menilai peningkatan pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya kemajuan yang signifikan pada nilai rata-rata siswa setelah penerapan e-learning berbasis ClassDojo, dimana nilai rata-rata pre-test meningkat dari 65 menjadi 84,88 pada post-test. Perhitungan N-Gain menunjukkan nilai rata-rata sebesar 0,59. Hal ini mengindikasikan bahwa metode flipped class dengan ClassDojo efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi TIK.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JTIUST

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Terbit Setiap Bulan Juni dan Desember setiap Tahunnya. Jurnal ini Media publikasi untuk bidang Ilmu Komputer seperti Fuzzy Logic, Teknologi dan Jaringan, Robotika, Komputasi, Mikrokontroller, Arsitektur Komputer, Sistem Cerdas, Rekayasa Web dan Mobile, Sistem Terdistribusi, Sistem Kontrol, Data ...