JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal)
Vol 17 No 1 (2025): Vol 17, No 1 (2025)

Penerapan Hierarchical Agglomerative Clustering Untuk Penentuan Faktor Penyebab Ketidaktuntasan Belajar Matematika

Arnelawati (Unknown)
Rini, Dian Palupi (Unknown)
Ermatita (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Clustering merupakan sebuah topik yang menarik dan banyak dibahas oleh peneliti. Penerapan metode-metode dalam clustering telah banyak menyelesaikan permasalahan di dunia nyata. Di sisi lain, ketuntasan belajar matematika masih menjadi salah satu permasalahan besar di dunia pendidikan, khususnya pendidikan menengah. Berbagai entitas dan variabel mempengaruhi ketuntasan dalam belajar sesorang siswa. Clustering merupakan upaya untuk mengelompokkan berbagai objek sesuai dengan spesifikasi yang memiliki karakteristik kedekatan. Metode Agglomerative Hierarchical Clustering (AHC) merupakan salah satu metode clustering yang tergolong baik dan banyak diterapkan dalam menyelesaikan permasalahan. Pada penelitian ini AHC diterapkan untuk menyelesaikan klasterisasi faktor yang menyebabkan ketidaktuntasan belajar matematika. Hasil yang diperoleh dari 19 faktor penyebab, maka dapat diklaster menjadi 4 kelompok besar, yaitu (1) Kualitas Pengajaran dan Bimbingan Guru, (2) Minat dan Motivasi Siswa, (3) Pemahaman Materi, dan (4) Keterlibatan dan Lingkungan Kelas. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah Metode AHC dapat melakukan klasterisasi faktor penyebab ketidaktuntasan siswa dalam belajar matematika dengan baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jsi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Library & Information Science Other

Description

Journal Of Information Systems or abbriviated as JIS is a jorunal that published by Major Of Information Systems Faculty of Computer Science Sriwijaya University. JSI start published in April 2009, which is VOL 1 NO 1 2009. JSI published a journal twice in year , that is on April and October. The ...