PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 9, No 1 (2025): EDISI APRIL 2025

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

Afriyanti, Sulis (Unknown)
Lutfiana, Maria (Unknown)
Elly, As (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis etnomatematika pada materi aritmatika sosial kelas VII yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari tahap: Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implmentation dan Evaluation. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket (kuesioner), tes (pretest dan posttest), dan dokumentasi, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Muara Rupit yang berjumlah 6 orang siswa untuk uji small group dan 28 siswa untuk uji field test. Berdasarkan  hasil dari analisis data menunjukkan bahwa nilai Aiken’s V dari validasi ahli bahasa yaitu 0,81, ahli media yaitu 0,79 dan ahli materi yaitu 0,77 dengan kategori valid. Pada uji kepraktisan  guru dan siswa memperoleh presentase keseluruhan 95% dengan kategori sangat praktis. Dan hasil uji efek potensial melalui pretest dan posttest yang diberikan kepada 28 siswa di peroleh data bahwa hasil belajar siswa dimana N-Gain Score yang di peroleh ialah 0,84 dengan klasifikasi tinggi. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

phi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika is an open access peer-reviewed journal that aims to share and discuss issues and research results. This journal is published by Mathematics Education Program Study, Batanghari University. This journal publishes scientific articles on research results and reviews ...