Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis etnomatematika pada materi aritmatika sosial kelas VII yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari tahap: Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implmentation dan Evaluation. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket (kuesioner), tes (pretest dan posttest), dan dokumentasi, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Muara Rupit yang berjumlah 6 orang siswa untuk uji small group dan 28 siswa untuk uji field test. Berdasarkan hasil dari analisis data menunjukkan bahwa nilai Aiken’s V dari validasi ahli bahasa yaitu 0,81, ahli media yaitu 0,79 dan ahli materi yaitu 0,77 dengan kategori valid. Pada uji kepraktisan guru dan siswa memperoleh presentase keseluruhan 95% dengan kategori sangat praktis. Dan hasil uji efek potensial melalui pretest dan posttest yang diberikan kepada 28 siswa di peroleh data bahwa hasil belajar siswa dimana N-Gain Score yang di peroleh ialah 0,84 dengan klasifikasi tinggi.
Copyrights © 2025